Sabtu, 15 Maret 2014

LEGENDA PULO KEMARO VERSI PALEMBANG



Legenda Pulo Kemaro iolah  sikok  legenda yang ngatoke  asal mula terjadinya Pulau Kemaro di daerah Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia. Menurut cerita, pulau itu penjelmaan Siti Fatimah putri Raja Sriwijaya yang menceburkan diri ke Sungai Musi hingga tewas. Kejadian  tewasnya putri Raja Sriwijaya dikarenoken kerno  tindakan ceroboh yang dilakukan oleh kekasihnyo bernama Tan Bun Ann, anaknyo Rajo Negeri Cino. Kecerobohan apo yang dibuat Tan Bun Ann? Kisahnyo pacak  kulo denger samo-samo.
* * *
Alkisah, di daerah Sumatra Selatan, ado  sikok rajo yang bertahta di Kerajaan Sriwijaya. Rajo itu punyo sikok anak betino yang elok lemak di jengok. Namonyo  Siti Fatimah. Dak Cuma elok, dio jugo berperangi baek. Sopan-santun dan tutur bahasanyo yang lembut mencerminkan sifat seorang putri raja. Kecantikan dan keelokan perangainya mengundang decak kagum para pemuda di Negeri Palembang. Tapi tuh lah, dak katek sikok wong  lanang mudo yang gagah ngaweninyo, karno keduo wong tuonyo pengen dio kawen samo rajo yang kayo rayo.
 Pada suatu hari, datenglah sikok rajo dari Negeri Cino namo nyo Tan Bunn Ann untuk berniaga di Negeri Palembang. Putra Rajo Cino itu punyo rencano untuk tinggal beberapo lamo dinegeri itu, kareno dio pengen ngembangke usahanyo. Sebagai wong pendatang, Tan Bun Ann dateng ngadep rajo Sriwijaya nak ngomongke tujuannyo ke negeri itu.

“Ampun, Bagindo! Namo hambo Tan Bun Ann, anak bujang  rajo dari Negeri Cino. Kalo dibolehke, aku pengen tinggal di negeri ini dalem waktu beberapo lamo untuk jualan.” Kato Tan Bun Ann sambel ngasih hormat.

“yo lah, Anak Mudo! Aku bolehkeh kau tinggal di negeri ini, tapi sikok syarat kau harus ngasih sebagain untung yang kau dapet samo kerajaan,” minta rajo Sriwijaya.

 Tan Bun Ann pun nerimo permintaan Rajo Sriwijayo. Sejak itu, setiap minggu dio pegi ke istana untuk ngasihke  sebagian keuntungan dagangannyo. Sudah itu, dio ketemu  samo  Siti Fatimah di istana. Sejak pertama kali melihat rae Siti Fatimah, Tan Bun Ann langsung jatuh hati. Demikian sebaliknya, Siti Fatimah pun menaruh hati samo dio tadi. Akhirnyo, wong duo ikok itu begelinjangan. Karno ngeraso cocok dengan Siti Fatimah, Tan Bun Ann pun berniat untuk ngaweninyo.
Pada suatu hari, Tan Bun Ann pergi menghadap Rajo Sriwijayo untuk melamar Siti Fatimah.

“Ampun, Bagindo! hambo dateng ngadep samo Baginda untuk meminta restu. kalo diperkenankan, hamba ingin menikahi putri Baginda, Siti Fatimah,” ungkap Tan Bun Ann.
Rajo Sriwijaya terdiam sejenak. dIo berpikir bahwa Tan Bun Ann adalah seorang putra Raja Cina yang kaya raya.

“Baiklah, Tan Bun! Aku ngerestui kau kawen ssamo anak betino aku. Tapi dengan sikok syarat,” kato Rajo Sriwijaya.

“Apo nian syarat itu, Baginda?” tanyo Tan Bun Ann penasaran.

“Kau harus nyiapke sembilan guci berisi emas,” jawab Rajo Sriwijaya.
Tanpa berpikir panjang, Tan Bun Ann pun bersedia memenuhi syarat itu.

“Baiklah, Baginda! Hamba pacak memenuhi syarat itu,” kata Tan Bun Ann.
Tan Bun Ann pun langsong ngerem utusan ke Negeri Cino untuk nyampeke surat samo keduo wong tuonyo. Selang beberapo waktu, utusan itu kembali membawa surat balasan kepada Tan Bun Ann. Surat balasan dari keduo wong tuonyo itu ngatoke restu atas pernikahan mereka dan sekaligus permintaan maaf, kareno dak pacak ngadiri pesta kawenan. Namun, sebagai tanda kasih sayang samo dio tadi, keduo wong tuonyo ngirim Sembilan ikok guci isinyo emas. Demi keamanan dan keselametan guci – guci yang isinyo emas tadi dari bajak laot, mereka ngelapesinyo samo sayor sawi tanpa taunyo si Tan Bun Ann tadi.
Pas tau rombongan utusannyo sudah balek, Tan Bun Ann samo siti Fatimah dengen keluargonyo di kawani sikok dayang setionyo langsung pegi ke dermaga di Muara Sungai Musi untuk ngecek isi kesembilan guci itu. Setibonyo di dermaga, Tan Bun Ann segera memerintahkan samo utusannyo untuk nunjuke guci- guci itu.

“Mano guci-guci yang isinyo emas itu?” tanya Tan Bun Ann samo sikok utusannyo.

“Kami menyimpannya di dalem kamar kapal, Tuan!” jawab utusan itu seraya menuju ke kamar kapal tempat guci-guci tersebut disimpan.

 utusan itu mengeluarkan kesembilan guci tersebut dari kamar kapal, Tan Bun Ann langsung memeriksa isinya sikok sikok. Tekejot nian dio pas nyengok guci itu Cuma isi sayor sawi yang dem bosok.

“Oh, malu nian aku samo mertuo aku. Gek aku diremehke soleh barang bosok bauk ini,” kato Tan bUn Ann
dalem hati dengan perasaan kecewa seraya membuang guci itu ke Sungai Musi. Dengan penuh harapan, Tan Bun Ann segera membuka guci yang lainnyo. Namun, harapan hanya tinggal harapan. Setelah membuka guci-guci tersebut ternyata semuanya berisi sayur sawi yang sudah membusuk. Bertambah kecewalah hati putra Rajo Cino itu. Dengan perasaan kesal, ia segera melemparkan guci-guci tersebut ke Sungai Musi satu persatu tanpa memeriksanya terlebih dahulu. Ketika ia hendak melemparkan guci yang terakhir ke sungai, tiba-tiba kakinya tersandung sehingga guci itu jatuh ke lantai kapal dan pecah. Betapa terkejutnya ia saat melihat emas-emas batangan terhambur keluar dari guci itu. Rupanya di bawah sawi-sawi yang telah membusuk tersebut tersimpan emas batangan. Ia bersama seorang pengawal setianya segera mencebur ke Sungai Musi hendak mengambil guci-guci yang berisi emas tersebut.
Melihat hal itu, Siti Fatimah segera berlari ke pinggir kapal hendak melihat keadaan calon suaminya. Dengan perasaan cemas, ia menunggu calon suaminya itu muncul di permukaan air sungai. Karena orang yang sangat dicintainya itu tidak juga muncul, akhirnya Siti Fatimah bersama dayangnya yang setia ikut mencebur ke sungai untuk mencari pangeran dari Negeri Cina itu. Sebelum mencebur ke sungai, ia berpesan kepada orang yang ada di atas kapal itu.

“Jika ada tumpukan tanah di tepian sungai ini, berarti itu kuburan saya,” demikian pesan Siti Fatimah.

Beberapa hari setelah peristiwa tersebut, muncullah tumpukan tanah di tepi Sungai Musi. Lama kelamaan tumpukan itu menjadi sebuah pulau. Masyarakat setempat menyebutnya Pulo Kemaro. Pulo Kemaro dalam bahasa Indonesia berarti Pulau Kemarau. Dinamakan demikian, karena pulau tersebut tidak pernah digenangi air walaupun volume air di Sungai Musi sedang meningkat.
* * *
Demikianlah Legenda Pulo Kemaro dari daerah Palembang, Sumatra Selatan. Pulau Kemaro yang terletak sekitar lima kilo meter di sebelah timur Kota Palembang ini memiliki luas kurang lebih 24 hektar. Kini, Pulau Kemaro menjadi salah satu obyek wisata menarik, khususnya wisata budaya dan religius, di Palembang. Setiap perayaan Cap Go Meh (15 hari setelah Imlek) ribuan masyarakat Cina (baik dari dalam maupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Cina) datang berkunjung ke Pulau Kemaro untuk melakukan sembahyang atau berziarah. Di pulau itu terdapat sebuah kuil sebagai tempat peribadatan, dan di dalamnya terdapat gundukan tanah yang diyakini makam Siti Fatimah, dan dua gundukan tanah yang agak kecil yang diyakini makam pengawal Tan Bun Ann dan makam dayang Siti Fatimah.

Di Pulau Kemaro juga terdapat sebuah pohon langka yang disebut “Pohon Cinta”, yang dilambangkan sebagai ritus “cinta sejati” antara dua bangsa dan budaya berbeda pada zaman dahulu, yaitu antara Siti Fatimah dari Negeri Palembang dan Tan Bun Ann dari Negeri Cina. Konon, jika pasangan muda-mudi yang sedang menjalin hubungan kasih mengukir nama mereka di pohon itu, maka cinta mereka akan berlanjut sampai ke pelaminan. Itulah sebabnya, pulau ini disebut juga “Pulau Jodoh”.
Pelajaran yang dapat dipetik dari cerita di atas adalah bahwa sikap ketergesa-gesaan dapat membuat seseorang kurang teliti dalam melakukan sesuatu, sehingga pekerjaan atau masalah yang dihadapinya tidak mampu diselesaikannya. Hal ini ditunjukkan oleh sikap Tan Bun Ann yang karena tidak ketidaksabarannya ingin menunjukkan emas tersebut kepada Raja Sriwijaya, sehingga membuatnya kurang teliti ketika memeriksa guci-guci tersebut. Akibatnya, guci-guci yang berisi emas batangan tersebut dibuangnya ke sungai, yang pada akhirnya menyebabkan ia tenggelam dan tewas.
http://cerita.web.id/cerita-rakyat-legenda-pulo-kemaro.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar